WA | LINE | Telegram 081555882600 - Tentang Curriculum Vitae

 On Thursday, November 9, 2017  

Semua pemburu kerja (job hunter) mengenal dan menyadari pentingnya curriculum vitae dalam proses perburuan pekerjaan atau karir, meskipun masih banyak yang gagal memiliki curriculum vitae berkualitas sehingga selanjutnya juga pasti mempengaruhi kesuksesan mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.

Kegagalan mereka memiliki CV yang berkualitas disebabkan ketidakmampuan membuatnya, padahal sebenarnya mereka bisa menggunakan Jasa Penulisan Curriculum Vitae profesional untuk membuatkan CV yang berkualitas. Silakan hubungi WA/LINE/Telegram 081555882600.
jasa pembuatan cv kreatif



Ketidakmampuan membuat curriculum vitae yang berkualitas disebabkan karena ketidakpahaman terhadap curriculum vitae.

Ada tiga tipe pencari kerja berdasarkan tingkat pemahaman mereka terhadap curriculum vitae, yaitu :
1.     Awam
2.     Pemula
3.     Unggul

Tentu saja hanya tipe unggul yang mampu membuat curriculum vitae berkualitas, yang punya peluang terbesar mendapatkan pekerjaan idaman.

buat curriculum vitae online

Bagaimana Mengenali Masing-Masing Tipe Pemburu Kerja Berdasarkan Pemahaman Terhadap Curriculum Vitae?

Cara mengenalinya adalah berdasarkan pertanyaan mereka tentang curriculum vitae :

Tipe awam

Tipe pemula
Tipe unggul
6.    cv sample format
Tipe Awam

jasa pembuatan cv kreatif

Pemburu kerja tipe ini hampir tidak tahu sama sekali tentang curriculum vitae, atau memiliki pemahaman yang salah mengenai curriculum vitae.
Pertanyaan-pertanyaan mereka :

-         what is curriculum vitae
Apakah curriculum vitae itu?
-         curriculum vitae meaning
Apa yang dimaksud curriculum vitae?
-         define curriculum vitae
jelaskan tentang curriculum vitae?
-         curriculum vitae definition
Apakah definisi curriculum vitae?

Mereka belum bisa membayangkan wujud curriculum vitae, sehingga tidak mungkin bisa memulai membuatnya, apalagi curriculum vitae yang berkualitas.


Bila berdasarkan terjemahan kamus Bahasa Inggris :
“catatan singkat tentang pendidikan, kualifikasi, dan pengalaman seseorang, biasanya dikirim dengan lamaran kerja”
“Ringkasan pengalaman profesional dan latar belakang pendidikan pemohon pekerjaan, beserta informasi relevan lainnya mengenai kualifikasi kandidat”

Sedangkan secara etimologi (sumber : Wikipedia) :
“Bentuk jamak dari curriculum vitæ, dalam Bahasa Latin, terbentuk mengikuti aturan Latin dari tata bahasa sebagai curricula vitæ (yang berarti "perjalanan hidup") atau curricula vitarum (berarti "perjalanan hidup")— bukan curriculum vita (yang menurut tata bahasa tidak sesuai). The form vitæ adalah bentuk tunggal genitif dari vita dan diterjemahkan sebagai "hidup". Meskipun demikian, dalam Bahasa Inggris, bentuk jamak dari ekspresi penuh curriculum vitae adalah jarang digunakan; bentuk jamak dari curriculum itu sendiri biasanya ditulis sebagai "curriculums",[1] lebih sesuai daripada  tradisional curricula.[2]”

Secara fungsi curriculum vitae ada 2 :
1.     Sebagai dokumen formal
Curriculum vitae sebagai dokumen formal biasanya diminta oleh perusahaan kepada karyawannya (yang sudah bekerja kepadanya). Sebagai dokumen formal, CV harus berisi data yang lengkap dan detil. Biasanya CV ini diminta saat karyawan akan mendapatkan promosi jabatan.
Pada proses rekrutmen Aparatur Sipil Negara (pegawai negeri), CV juga berfungsi sebagai dokumen formal, karena tidak mempengaruhi diterima atau tidaknya pemilik CV. Sebagai dokumen formal biasanya CV ini sudah baku format/templatenya.

2.     Sebagai alat mendapat pekerjaan
Sebagai alat mendapat pekerjaan curriculum vitae bukan lagi sekedar dokumen formal. CV harus komunikatif-efektif-persuasif, baik  kontennya maupun desainnya. CV digunakan untuk memenangkan persaingan mendapatkan posisi/jabatan idaman.
Bila sebagai dokumen formal CV harus lengkap dan detil, maka sebagai alat mendapat pekerjaan CV justru harus ringkas dan padat.
Bila sebagai dokumen formal CV biasanya panjang berlembar-lembar, sebagai alat mendapatkan pekerjaan CV semakin berkualitas bila hanya satu halaman.

jasa pembuatan cv bahasa inggris

Tipe awam ini biasanya tidak mau berupaya maupun berinvestasi sedikitpun untuk bisa memiliki curriculum vitae. Mereka biasanya dari kalangan kurang berpendidikan, pekerja tidak terampil, usia lebih dari lima puluh tahun. Mereka tidak punya motivasi untuk memperbaiki kualitas pekerjaan, tidak punya proyeksi karir. Para pencari kerja tipe awam ini semakin lama akan semakin tergilas kondisi, semakin hilang peluang mendapat pekerjaan di era persaingan global.


Tipe Pemula

Pada tipe ini pemburu kerja sudah tahu dan bisa mulai membuat curriculum vitae. Tapi mereka masih belum begitu memahami curriculum vitae berdasarkan fungsinya.  Mereka masih cenderung menganggap CV hanya sebagai dokumen formal.

Ciri-ciri pemburu kerja tipe ini banyak bertanya tentang :

-         curriculum vitae examples
-         curriculum vitae template
-         curriculum vitae template word
-         curriculum vitae sample
-         sample curriculum vitae
-         curriculum vitae samples
-         curriculum vitae template word
-         examples of curriculum vitae

Mereka banyak bertanya dan mencari contoh curriculum vitae yang baik dan benar. Padahal belum pernah ada konsensus nasional maupun internasional yang membahas format curriculum vitae. Maka, sebenarnya standard penulisan curriculum vitae hanya berdasarkan kaidah bahasanya, sesuai bahasa yang digunakan. Bila menggunakan Bahasa Indonesia maka standard yang digunakan adalah Ejaan Bahasa Indonesia. Bila curriculum vitae yang dibuat menggunakan Bahasa Inggris (English) maka standardnya adalah grammar dan structure English.

Di internet banyak sekali beredar contoh-contoh curriculum vitae, mulai dari yang sederhana sekali sampai yang super kreatif, bebas dipilih. Begitu pula dengan template curriculum vitae, banyak pilihan di internet. Tinggal ketik di google : “Contoh curriculum vitae”, “Contoh curriculum vitae yang menarik”, “Contoh CV yang menarik”.
Untuk pemburu kerja yang sudah berpengalaman sebaiknya mengetikkan “Contoh curriculum vitae profesional”.
Bila mencari template ketikkan “Template curriculum vitae word”, “Template CV word”, “Template CV format word”.
Format word adalah pilihan yang terbaik karena mudah penggunaannya. Namun bila mengirim curriculum vitae melalui email sebaiknya menggunakan file format PDF. File word curriculum vitae harus di-convert dulu menjadi file PDF, caranya bisa dibaca di :
jasa pembuatan cv bahasa inggrisjasa pembuatan cv bahasa inggris
jasa pembuatan cv bahasa inggrisjasa pembuatan cv bahasa inggris


jasa pembuatan cv bahasa inggris




Tipe pemula ini sudah paham tentang pentingnya curriculum vitae, namun belum begitu paham tentang fungsi dan kekuatan pengaruh meningkatkan peluang mendapat kerja. Mereka masih berpikir curriculum vitae hanya sebagai syarat formal belaka. Mereka belum bisa membedakan antara curriculum vitae yang berkualitas dengan yang kurang berkualitas. Biasanya mereka suka menyalin curriculum vitae temannya, mengubah isinya, kemudian mengirimkan ke sebanyak-banyak perusahaan.
Pemburu kerja tipe ini punya peluang untuk meningkatkan kualitas pekerjaan, berkarir. Hanya perlu ditingkatkan pemahaman tentang fungsi curriculum vitae agar bisa membuat yang berkualitas. Merekalah pelanggan potensial jasa pembuatan curriculum vitae.

Tipe Unggul

Pemburu kerja tipe ini adalah para calon pemenang. Mereka sudah paham apa itu curriculum vitae dan fungsinya. Mereka benar-benar menyadari pentingnya curriculum vitae sebagai unsur utama untuk sukses berkarir.
Pertanyaan-pertanyaan mereka tentang bagaimana membuat curriculum vitae yang terbaik :
-         modelos de curriculum vitae
-         curriculum vitae format
-         how to write a curriculum vitae
-         curriculum vitae vs resume
-         curriculum vitae format pdf
-         cv sample format
-         curriculum vitae pronunciation


jasa pembuatan cv bahasa inggris

Langkah awal membuat curriculum vitae adalah mempelajari perusahaan yang dibidik. Semakin banyak data yang dimiliki, semakin bagus curriculum vitae yang bisa dibuat nanti., maka semakin besar peluang mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.

Langkah kedua adalah menggali dan membuat list keunggulan diri, terdiri dari  pengalaman, kualifikasi, keterampilan, dan keunggulan lain.

Langkah ketiga adalah mengaitkan antara data perusahaan dengan list keunggulan.

Dengan mengikuti tiga langkah tersebut konten curriculum vitae jadi lebih powerful karena fokus dan spesifik.

Selanjutnya adalah tentang kata dan kalimat. Curriculum vitae yang berkualitas adalah yang menggunakan kata-kalimat yang memiliki kekuatan mempengaruhi, di antaranya harus punya sifat :
1.     Kalimat aktif
2.     Kalimat sederhana
3.     Effektif dalam penggunaan kata

Setiap kalimat yang ditulis harus diusahakan mengandung selling point, bila tidak sebaiknya dihapus saja.

Tata letak data dalam curriculum vitae adalah meletakkan informasi yang paling tinggi selling point-nya di awal.

Design curriculum vitae harus menarik. Untuk posisi top management design curriculum vitae harus lebih elegant, tapi harus tetap menarik.
Agar menarik, pemilihan font dan ukurannya harus dipilih yang sesuai, sehingga menarik, nyaman dilihat, dan mudah dibaca.
Sebagus apapun konten sebuah curriculum vitae, akan menurun peluang dibaca oleh petugas HRD bila kurang menarik


Perbedaan terbesar resume dengan curriculum vitae adalah pada panjangnya. Curriculum vitae cenderung lebih panjang dari resume.
Di Indonesia orang hanya mengenal curriculum vitae, padahal seringkali  yang disebut curriculum vitae untuk mencari kerja adalah resume. Curriculum vitae yang sebenarnya adalah yang berfungsi sebagai dokumen formal, sedangkan yang berfungsi untuk mendapatkan pekerjaan seringkali adalah resume. CV lebih detil
CV digunakan hampir secara eksklusif di negara-negara di luar Amerika Serikat. Di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, pengusaha mungkin mengharapkan untuk menerima curriculum vitae.
Di Amerika Serikat, orang-orang di bidang akademis dan kedokteran cenderung menggunakan CV daripada resume.
Oleh karena itu CV digunakan terutama saat melamar posisi internasional, akademis, pendidikan, ilmiah, medis atau penelitian atau saat mengajukan beasiswa atau hibah.
Apapun itu, baik CV maupun resume, yang penting harus menarik dan mampu mempengaruhi petugas HRD.

jasa pembuatan cv bahasa inggris

Pemburu kerja tipe unggul ini benar-benar menyadari pentingnya curriculum vitae maupun fungsinya. Mereka juga sadar bahwa desain curriculum vitae harus menarik, harus menggunakan kata-kalimat yang efektif, yang mengandung selling point, yang memiliki daya pengaruh. Mereka benar-benar serius dalam membuat curriculum vitae. Mereka aktif belajar dan berlatih membuat curiculum vitae yang berkualitas. Bahkan mereka rela berinvestasi dengan menggunakan jasa penulis curriculum profesional, meskipun mereka bisa membuatnya sendiri. Mereka menyadari bahwa curriculum vitae yang dibuat oleh ahlinya, yang sudah berpengalaman membuat banyak curriculum vitae berkualitas untuk berbagai level pekerjaan, pasti sangat berkualitas.

Tipe unggul ini adalah para pemenang. Sebagian besar mereka adalah pekerja di posisi top management. Mereka memahami strategi memenangkan persaingan di dunia kerja dengan memiliki curriculum vitae yang terbaik.
WA | LINE | Telegram 081555882600 - Tentang Curriculum Vitae 4.5 5 Penulis CV Profesional Thursday, November 9, 2017 Semua pemburu kerja (job hunter) mengenal dan menyadari pentingnya curriculum vitae dalam proses perburuan pekerjaan atau karir, meskipun m...


No comments:

Post a Comment

Back to top
JASA TOKO ONLINE di Facebook

×